Pelatihan Fire, Oil Spill & Evacuation Emergency Drill di Cabang Geo Collect

Pada kesempatan kali ini, tim safety & environment PT WGI berkesempatan untuk hadir memberikan pelatihan di Geo Collect cabang Tangerang, Cimahi dan Cirebon. Kegiatan ini dimulai dengan briefing terkait agenda kegiatan yang akan di laksanakan. 

Kegiatan pertama yang dilakukan yaitu pemaparan beberapa materi, sebagai berikut:

  1. Penanggulangan kebakaran di tempat kerja
  2. Penjelasan terkait jenis, fungsi, penggunaan, cara pengecekan kondisi dan kapan harus dilakukan pengecekan APAR
  3. Cara pemadaman api dengan cara menggunakan karung goni basah 
  4. Cara penanggulangan apabila terjadi tumpahan B3/ LB3 

Setelah dilakukan pemaparan materi dilanjutkan dengan praktik pemadaman dengan menggunakan karung goni basah atau blangket, serta cara menggunakan APAR dengan jenis Dry Chemical dan Foam. 

Pelatihan kedua berupa pertolongan pertama pada kecelakaan di tempat kerja. Pelatihan ini disampaikan langsung oleh Dokter dan Tim Klinik PT WGI kepada petugas P3K (first aider) terpilih. Selanjutnya dilakukan praktik cara P3K melalui penanganan kasus korban luka bakar, terkilir serta henti nafas dengan melakukan tindakan resustasi jantung dan paru (RJP).

Kegiatan berikutnya berupa simulasi keadaan darurat dengan skenario yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Drill dimulai dengan terjadinya kebakaran pada mobil pick up pengangkut limbah B3 yang sedang melakukan kegiatan unloading oli bekas.

Drum oli terjatuh dan tumpahan mengenai kampas rem mobil yang panas, sehingga menyebabkan kebakaran dan tumpahan oli di sekitar area unloading oli. Karyawan dengan sigap mengamankan/ mendorong mobil yang terbakar ke area yang lebih aman dan langsung memadamkan api menggunakan APAR yang tersedia.

Api dapat dipadamkan, karyawan lainnya membantu menangani tumpahan oli dengan membuat bendungan menggunakan serbuk gergaji dan menutupi oli yang tercecer menggunakan alat yang tersedia. Serbuk gergaji yang sudah dipakai untuk menyerap tumpahan oli ditampung di dalam wadah dan dimasukan ke TPS Limbah B3 internal. 

Berita Lainnya

IMG_E7389 (1)
Baca
WhatsApp Image 2024-09-10 at 16.46
Baca
WhatsApp Image 2024-09-10 at 10.31
Baca